5 Pengeluaran Yang Harus Kamu Siapkan Jelang Lebaran

Secara umum momen lebaran sejatinya dirayakan dengan bersilaturahmi serta bermaaf-maafan bersama sanak saudara dan kerabat tercinta. Namun, tanpa disadari perayaan menyenangkan ini juga bikin kamu harus pintar dalam mengelola keuangan agar nggak mengalami defisit nantinya. Berikut ini adalah beberapa pengeluaran penting yang perlu diperhatikan selagi muda, supaya pengeluaranmu lebih efisien:

Berbagi Zakat untuk Sesama

Kamu memang mendapatkan rejeki lebih saat Lebaran melalui tunjangan hari raya (THR), tapi bukan berarti kamu lupa berbagi pada sesama. Membayar zakat bisa dibilang merupakan salah satu kewajiban bagi umat muslim. Sisihkanlah setidaknya 5 persen dari THR yang kamu peroleh untuk berbagi kepada sesama umat muslim yang membutuhkan agar mereka nggak kelaparan saat merayakan Idul Fitri.

Pakaian Baru Jika Diperlukan

Nggak sedikit masyarakat yang membeli pakaian dalam rangka menyambut lebaran. Meskipun begitu, ini bukanlah sebuah kewajiban karena nggak ada yang melarang kamu pakai baju lama saat Lebaran. Apabila kamu membutuhkan pakaian baru, pastinya kamu perlu menyiapkan dana. Banyak sekali pilihan pakaian lebaran mulai dari yang paling murah, hingga yang sangat mahal. Jadi, pilihlah pakaian yang sesuai dengan budget kamu.

Ongkos Mudik

Bagi pekerja yang hidup di perantauan, mudik adalah agenda tahunan wajib untuk pulang ke kampung halaman. Momen ini digunakan untuk menikmati kebersamaan dengan keluarga. Dalam mudik ini tentunya nggak lepas dari biaya transportasi yang harus dikeluarkan. Mulai dari tiket perjalanan hingga biaya makan dan minum selama dalam perjalanan tersebut. Jika nggak dipersiapkan dengan matang, maka kondisi keuangan bisa jadi kurang stabil, lho.

Berbagai Makanan Lebaran

Tentu sudah menjadi tradisi bahwa berbagai makanan dalam bentuk kue dan masakan harus tersedia di rumah, apalagi untuk Anda yang menjadi tuan rumah perayaan Lebaran. Masakan yang identik dengan lebaran adalah opor ayam dan ketupat. Sedangkan untuk kue yang banyak ditemukan pada hari raya bermacam-macam sesuai dengan adat daerah masing-masing. Tanpa disadari, berbagai bahan makanan yang selalu naik menjelang hari raya akan membuat pengeluaranmu mengalami peningkatan yang signifikan.

Dana Operasional Pasca-Lebaran

Jangan sampai kemeriahan perayaan hari raya membuatmu lupa akan biaya yang harus kamu tanggung setelah Lebaran. Seringkali hal ini dilupakan sehingga saat hari raya datang, uang dihabiskan secara besar-besaran dan habis-habisan. Padahal jarak dengan awal berikutnya masih panjang, jika terjadi demikian tentunya akan sangat memberatkan ,bukan? Menyiapkan dana darurat sejak dini merupakan kunci penting supaya kamu nggak ‘bokek’ setelah Lebaran. Dana pasca-Lebaran tentu bukan menjadi masalah bagi kamu yang dan punya dana darurat di bank dan pastinya berinvestasi sejak dini.

Salah satu pilihan investasi yang terjangkau bagi kawula muda sepertimu adalah reksa dana. Kenapa? Dengan berinvestasi di reksa dana, kamu nggak perlu modal awal yang besar dan kamu bisa mendapatkan imbal hasil optimal. Apalagi sekarang ada platform investasireksadanaonlineMoinvesyang bisa diakses kapan dan di mana saja. Selamat menjalankan ibadah puasa!

About admin

Check Also

5 Mitos Soal Investasi Yang Nggak Perlu Kamu Percayai

“Ah, investasi mah cuma buang-buang uang doang. Paling untungnya juga nggak seberapa.” Bagi kamu yang …

5 Miliarder Muda Indonesia Ini Pasti Bikin Kamu Termotivasi

Siapa yang nggak mau merdeka selagi muda? Walau perekenomian Tanah Air lagi nggak stabil, namun …

5 Langkah Menyiapkan Pernikahan Dalam Waktu 3 Bulan

Ingin menyelesaikan segala keperluan pernikahan dengan cepat, mudah, dan hemat? Tunggu dulu! Pernikahan bukan hal …