5 Langkah Menyiapkan Pernikahan Dalam Waktu 3 Bulan

Ingin menyelesaikan segala keperluan pernikahan dengan cepat, mudah, dan hemat? Tunggu dulu! Pernikahan bukan hal yang bisa kamu sepelekan seenaknya, lho. Segala sesuatunya harus dipersiapkan dengan matang dan sistematis. Sebelum melangkah lebih jauh, siapkan dulu mentalmu untuk menghadapi segala kendala yang mungkin terjadi menuju hari H. Mungkinkah semuanya selesai dalam waktu tiga bulan? Ya, mungkin saja asal kamu menerapkan tips di bawah ini dengan sistematis, cepat, dan tepat.

1. Daftar ke KUA setelah tanggal ditentukan

Mendaftarkan diri ke KUA satu hal yang terpenting dalam pernikahan. Kamu harus segera mengurus surat-surat untuk pernikahanmu sesudah ditetapkannya tanggal pernikahan. Dan jangan menganggap mengurus surat-surat pernikahan itu mudah. Kesulitan mengurus surat-surat itu ketika kalian nggak satu kota. Salah satu di antara kalian harus mengurus surat mutasi atau numpang nikah. Akan tetapi, hal tersebut disesuaikan dengan kota masing-masing. Selain mendaftarkan diri, kamu membutuhkan cincin pernikahan sebagai tanda kalau kalian sudah sah menjadi suami istri. Pilihlah cincin sesuai dengan budget kalian.

2. Menentukan jumlah undangan dan lokasi pernikahan

Langkah selanjutnya yang perlu kamu siapkan adalah menentukan jumlah undangan dan lokasi pernikahanmu. Pada minggu kedua, kamu harus mendata nama-nama saudara, kerabat kerja dan teman sekolah yang akan kamu undang di pernikahanmu, Agar memudahkanmu menentukan jumlah undangan yang akan kamu buat.

Selain undangan, kamu juga harus memilih lokasi pernikahan yang strategis, supaya memudahkan temanmu untuk menemukan lokasi pernikahan. Kamu juga bisa memilih konsep pernikahan sesuai yang diinginkan. Jangan lupa kamu perlu memperhatikan budget-mu juga ya.

3. Memilih undangan yang murah tapi nggak murahan, katering, hingga suvenir

Ketika sudah memilih lokasi pernikahan dan menentukan jumlah undangan. Kamu juga perlu memilih undangan yang murah tetap terlihat elegan. Setelah selesai memilih jenis undangan, kamu perlu memilih katering dengan menu makanan yang akan disajikan kepada tamu nantinya. Koordinasikan dengan keluarga mengenai menu makanan yang dihidangkan untuk tamu. Ingatlah jangan sampai salah hitung jumlah katering yang tersedia.

Selain undangan dan katering, kamu juga perlu menyediakan suvenir untuk kerabat dan saudaramu yang datang ke pernikahanmu. Anggap saja sebagai ucapan terima kasih sudah datang. Pilihlah suvenir yang unik, murah, dan berkesan yang disesuaikan dengan budget-mu.

4. Pesan perias, baju pengantin, hingga seragam keluarga

Langkah selanjutnya yang perlu kamu siapkan adalah menentukan dan memesan perias, baju pengantin yang dibutuhkan untuk kamu dan keluarga besarmu. Kamu sangat membutuhkan perias pengantin, agar penampilanmu terlihat sempurna di hari pernikahan.

Selain perias, kamu harus memilih pakaian pengantin yang simpel dan disesuaikan dengan lokasi pernikahanmu juga, supaya terlihat terkonsep. Dan kamu akan tetap menjadi ratu dan raja sehari yang sempurna.

5. Tentukan fotografer dan dekorasi pernikahan dalam satu paket vendor

Ini adalah langkah terakhir yang dapat kamu siapkan. Fotografer tentu dibutuhkan untuk mengabadikan momen membahagiakan sekali seumur hidup. Pilihlah fotografer yang sudah mahir dalam memotret di hari pernikahan.

Akan tetapi, supaya lebih hemat, kamu bisa mencari fografer satu paket dengan dekorasi dan vendor. Demi memperlancar acara pernikahamu, kamu harus pintar memilih vendor yang terbaik, hal tersebut bisa menekan budget-mu lebih irit.

Bagaimana? Semoga berbagai tips dari Selagi Muda di atas dapat menjadi inspirasi untukmu,ya!

About admin

Check Also

5 Pengeluaran Yang Harus Kamu Siapkan Jelang Lebaran

Secara umum momen lebaran sejatinya dirayakan dengan bersilaturahmi serta bermaaf-maafan bersama sanak saudara dan kerabat …

5 Mitos Soal Investasi Yang Nggak Perlu Kamu Percayai

“Ah, investasi mah cuma buang-buang uang doang. Paling untungnya juga nggak seberapa.” Bagi kamu yang …

5 Miliarder Muda Indonesia Ini Pasti Bikin Kamu Termotivasi

Siapa yang nggak mau merdeka selagi muda? Walau perekenomian Tanah Air lagi nggak stabil, namun …