5 Mitos Soal Investasi Yang Nggak Perlu Kamu Percayai

“Ah, investasi mah cuma buang-buang uang doang. Paling untungnya juga nggak seberapa.” Bagi kamu yang baru mau mulai investasi, pandangan seperti ini mungkin sudah pernah kamu dengar dan membuat kamu jadi ragu untuk berinvestasi. Padahal, banyak lho pandangan seputar investasi yang sebenarnya salah dan cuma mitos belaka. Nah, biar kamu nggak ikut-ikutan keliru, yuk ketahui lima mitos investasi yang sering beredar berikut ini!

Mitos: Investasi Sebaiknya Dilakukan Saat Sudah Dewasa

Investasi dinilai sebagai suatu hal besar yang sifatnya serius, sehingga banyak yang menganggap kalau investasi sebaiknya dilakukan saat sudah mapan dan dewasa. Mitos ini tentu saja salah, karena investasi nggak kenal dengan usia. Malah investasi yang dilakukan selagi muda, justru bisa lebih menguntungkan karena kamu jadi punya banyak waktu untuk menyisihkan uang dan menginvestasikannya.

Mitos: Investasi Hanya untuk Pebisnis dan Intelektual

Banyak orang yang menganggap kalau investasi itu hal yang rumit dan memusingkan, sehingga cuma cocok buat pebisnis dan kaum intelektual saja. Padahal pada kenyataannya, ada kok produk investasi yang bisa dijalankan oleh awam, salah satunya adalah investasi reksadana. Walaupun kamu tetap perlu mempelajari tentang reksadana untuk mengoptimalkan hasil investasi, jenis investasi yang satu ini termasuk yang terbilang mudah untuk dilakukan.

Mitos: Investasi Selalu Butuh Modal Besar

Jumlah modal yang harus dikeluarkan, sangat bergantung pada jenis investasi yang kamu lakukan. Misalnya kalau kamu mau berinvestasi di bidang properti, kamu harus punya modal ratusan juta Rupiah. Sementara kalau kamu mau berinvestasi obligasi, kamu harus mengeluarkan modal paling nggak lima juta Rupiah.

Tapi ada kok jenis investasi yang nggak perlu modal besar, contohnya investasi emas yang butuh modal lima ratus ribu sampai satu jutaan Rupiah saja. Bahkan modal untuk investasi reksadana lebih kecil lagi, lho, yaitu cuma seratus ribu Rupiah. Jadi, masih percaya kalau investasi harus keluarin modal besar?

Mitos: Investasi Risikonya Tinggi

Hal yang nggak bisa kamu pungkiri kalau mau berinvestasi adalah risiko. Ya, tiap jenis investasi pasti punya risiko masing-masing, meskipun tingkatannya memang berbeda-beda. Tapi risiko ini pastinya bisa diminimalisir dengan meningkatkan kendali kamu atas risiko tersebut. Caranya adalah dengan meluangkan waktu untuk mempelajari seluk-beluk investasi yang akan kamu lakukan, dan mengatur strategi sebaik mungkin.

Mitos: Investasi Cuma Bisa Dilakukan di Kota Besar

Pada 10-20 tahun yang lalu, investasi mungkin memang cuma bisa dilakukan di kota-kota besar. Tapi dengan kemajuan teknologi internet di era modern seperti sekarang, semua orang bisa berinvestasi di mana saja. Apalagi sekarang sudah ada investasi reksadana online dari Mandiri investasi, yaitu Moinves. Selain gampang dilakukan, investasi ini juga nggak butuh modal besar dan bisa dimulai dari Rp 50.000 saja, sehingga cocok banget untuk anak muda seperti kamu.

Gimana? Sekarang kamu jadi tahu kan kalau mitos-mitos di atas itu nggak benar? Jadi, jangan ragu lagi untuk berinvestasi dari sekarang, ya!

About admin

Check Also

5 Pengeluaran Yang Harus Kamu Siapkan Jelang Lebaran

Secara umum momen lebaran sejatinya dirayakan dengan bersilaturahmi serta bermaaf-maafan bersama sanak saudara dan kerabat …

5 Miliarder Muda Indonesia Ini Pasti Bikin Kamu Termotivasi

Siapa yang nggak mau merdeka selagi muda? Walau perekenomian Tanah Air lagi nggak stabil, namun …

5 Langkah Menyiapkan Pernikahan Dalam Waktu 3 Bulan

Ingin menyelesaikan segala keperluan pernikahan dengan cepat, mudah, dan hemat? Tunggu dulu! Pernikahan bukan hal …